Wisata Hambalang Sentul Bogor, Jadi Pilihan Liburan Favorit Bagi Warga Jakarta dan Sekitarnya di Akhir Pekan

Wisata Hambalang Sentul, Bogor jadi wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya karena aksesnya dekat dan tidak macet jika wisata ke Puncak Bogor

destinasi wisata alam hambalang sentul kabupaten bogor

Bogor adalah sebuah wilayah kabupaten yang berada di Provinsi Jawa Barat dan Ibukota Kabupaten Bogor berada di Kecamatan Cibinong. Kabupaten Bogor banyak memiliki tempat-tempat wisata menarik yang wajib anda kunjungi terutama untuk wisata keluarga. Tempat-tempat wisata di kabupaten Bogor ini selalu ramai setiap akhir pekan oleh wisatawan yang datang dari luar Bogor terutama dari Jakarta. Dengan Jarak Jakarta - Bogor yang hanya 56,7 km dan waktu tempuh lebih kurang 1 Jam via Tol Jagorawi dan sangat layak jadi rekomendasi buat liburan keluarga.

Salah satu tempat wisata yang akan kita bahas dalam artikel kali ini adalah Hambalang Sentul Bogor yang terletak di Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor dan berada di sebelah timur Kota Bogor.

Hambalang Sentul, Bogor

Desa Hambalang memiliki morfologi lahan mayoritas berbukit-bukit dan dataran tinggi, memiliki suhu yang cukup sejuk dan berada di ketinggian wilayah 450 mdpl dengan curah hujan 188,8 mm. Pemandangan yang disuguhkan sangat indah, pastinya jadi wisata yang menyenangkan dan seru mengajak keluarga, sahabat atau pasangan.

Destinasi wisata yang satu ini menjadi destinasi populer di Bogor sekarang ini dengan banyaknya wahana wisata alam dan wisata modern yang tumbuh dan berkembang akhir-akhir ini. Dengan pertimbangan jarak dan waktu serta kemacetan lalu lintas, warga Jakarta dan sekitarnya banyak mengalihkan liburannya ke Hambalang dan Sentul karena kedua destinasi ini lebih dekat dari Jakarta dan tidak macet seperti jika liburan ke kawasan Puncak Bogor.

Berikut ini destiansi Wisata Hambalang dan Sentul yang bisa jadi rekomendasi buat anda yang ingin liburan ke tempat wisata ini dan aktivitas apa saja yang bisa dilakukan :

1. Curug Bidadari

Curug Bidadari adalah sebuah wisata alam air terjun dengan pemandangan tebing dan pepohonan yang tumbuh asri serta berhawa sejuk yang menyelimuti tempat wisata alam ini. Di bawah air terjun terdapat sebuah kolam yang airnya dialirkan dari Curug Bidadari, pengunjung bisa melakukan aktivitas dengan berenang atau sekedar merasakan sejuknya dan kesegaran airnya.

Curug Bidadari berlokasi di Jalan Sentul Paradise Park, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa barat. Lokasinya tidak jauh dari pusat Kota Bogor sehingga mudah di akses dari Bogor dan Jakarta. Berada di wilayah perbukitan, memiliki pemandangan yang masih alami dan hijau dipadu dengan hawa segarnya pegunungan serta gemercik air dari air terjun membuat hilang rasa kepenatan dan menyejukkan pikiran.

Curug ini masih bagian dari Sentul Paradise Park yang memadukan konsep air terjun dan wisata alam. Air Terjun ini memiliki ketinggian 40 hingga 75 meter dengan lebar 7 meter. Dulunya nama curug ini adalah Curug Bojong Koneng sesuai dengan nama lokasi tempat air terjun ini. Aliran airnya cukup deras dan mata airnya bersumber dari hutan lindung yang ada disekitarnya.

2. Curug Leuwi Hejo

Curug Leuwi Hejo adalah sebuah wisata alam air terjun yang banyak menjadi perhatian wisatawan jika liburan ke Bogor. Yang menjadi daya tarik curug ini adalah terdapat tebing batu pegunungan yang ada di sekitar air terjun ditambah lagi dengan airnya yang sangat jernih, membuat pengunjung jadi betah dan ingin berlama-lama bermain air atau berenang.

Curug Leuwi Hejo disebut juga sebagai Green Canyon-nya Bogor. Memiliki kedalaman yang bervariasi mulai dari kedalaman 2 meter sampai 10 meter. Di Curug Leuwi Hejo juga terdapat curug lainnya yang berjumlah total 5 curug yaitu : Curug Leuwi Hejo, Curug Leuwi Liek, Curug Leuwi Ciung, Curug Leuwi Cepet dan Curug Baliung. Jarak antara curug satu ke curug lainnya tidaklah terlalu jauh hanya memerlukan waktu 5 hingga 15 menit dengan berjalan kaki atau trekking.

Curug Leuwi Hejo berlokasi di Kampung Wangan Cileungsi, Karang Tengah, Babakan Madang, Sentul, Bogor, Jawa Barat. Dengan Tiket Masuk seharga Rp15.000/orang untuk sekali kunjungan dan jika ingin mengunjungi curug yang lain bisa beli tiket lagi seharga Rp10.000/orang. Jam operasional adalah dari Jam 08.00 sampai 17.00 WIB.

3. Taman Budaya Sentul

Jika anda suka dengan kegiatan di luar ruangan (outbound) seperti flying fox, trek, paintball, halang rintang, trekking dan lainnya, Taman Budaya Sentul bisa jadi pilihan yang tepat jika anda berkunjung dan wisata ke Bogor.

Taman rekreasi yang sudah berdiri sejak tahun 1994 ini merupakan tempat wisata dan piknik dengan fasilitas outbound terbesar serta terlengkap di Indonesia. Wahana rekreasi ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga, teman dan bisa untuk acara kantor seperti, gathering karyawan, outing, team building dan lainnya.

Lokasi Taman Budaya Sentul terletak di Jalan Siliwangi nomer 1 Sumur Batu, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya sangat mudah dijangkau, untuk pengunjung dari luar Bogor yang berkendara mobil pribadi bisa melalui Tol Jagorawi dan keluar di tol Sentul Selatan, kemudian melanjutkan perjalanan untuk sampai ke Taman Budaya Sentul sekitar 6 sampai 7 kilometer lagi. Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum, bisa turun di Stasiun Bogor kemudian melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum jurusan sentul atau bisa juga dengan ojek online.

Jam operasinal Taman Budaya Sentul ini buka setiap hari dari Senin sampai Minggu dari Jam 09.00 sampai Jam 17.00 WIB. Disarankan untuk para pengunjung, waktu yang tepat adalah pagi hari dan sore hari karena udaranya sejuk, tentunya akan membuat aktivitas selama disana menjadi lebih nyaman dan menyenangkan pastinya. Sementara apabila beraktivitas di siang hari cuacanya sangat terik walaupun masih terbilang sejuk.

Untuk Tiket Masuk ke Taman Budaya Sentul tidak di pungut bayaran alias gratis walaupan hanya sekedar jalan-jalan dan berkeliling di taman ini. Namun, ada biaya yang harus dibayarkan jika pengunjung ingin mengikuti aktivitas Outbound di Taman Budaya Sentul.

4. Taman Fathan Hambalang

Taman Fathan Hambalang saat ini sangat populer di kalangan anak muda Bogor, tempatnya sendiri tidak begitu luas namun sudah ditata sangat apik dengan gaya kekinian yang pastinya akan bikin betah berlama-lama di taman ini. Udara yang sejuk ditambah pemandangan alam pegunungan serta pepohonan nan hijau. Terletak di Desa Hambalang, Kecamatan Citeureup, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Taman Fathan Hambalang banyak menyajikan spot foto yang Instagramable, disini anda bisa bergaya sebebas mungkin dengan latar belakang seperti gardu pandang, kursi malas, hingga panggung mini yang berbentuk setengah lingkaran. Pada malam hari, salah satu dari taman yang ada di Bukit Hambalang ini telah dihiasi gemerlap lampu kerlap-kerlip sehingga menjadikan pemandangan semakin indah untuk dinikmati.

Jika anda berkunjung ke Taman Fathan Hambalang jangan lupa untuk mampir ke kafenya. Kafe ini selalu ramai dikunjungi oleh anak muda untuk bersantai dan nongkrong sambil menikmati pemandangan pegunungan dan melihat suasana Kota Bogor terutama di malam hari.

Menu yang disediakan di kafe ini mulai dari kuliner khas Indonesia hingga Mancanegara. Harga makanan dan minuman di kafe ini juga tidak terlalu mahal dan terjangkau oleh kantong anak muda khususnya. Kebanyakan pengunjung di kafe ini memesan minuman kopi, roti bakar dan pisang goreng. untuk makanan berat tersedia ayam geprek, mie goreng atau mie rebus dan harganya di banderol dari Rp10.000 hingga Rp30.000 untuk setiap menu.

Jam operasional Taman Fathan Hambalang adalah dari Jam 08.00 sampai Jam 21.00, tapi kebanyakan pengunjung datang Jam 17.00 sambil menikmati matahari terbenam (Sunset) dan pemandangan alam di malam hari.

5. Gunung Pancar

Gunung Pancar menjadi spot wisata favorit khususnya untuk kegiatan wisata alam bebas di Kabupaten Bogor, terletak di desa Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Memiliki ketinggian 300 - 800 meter memiliki hawa yang sangat sejuk tidak jauh beda dengan Kota Bogor. Gunung Pancar banyak ditumbuhi oleh pohon pinus bahkan disekitar Gunung Pancar juga tumbuh Rasamala, Beringin, Puspa dan masih banyak lagi yang lainnya.

Kawasan Gunung Pancar banyak memiliki destinasi wisata yang sangat menarik seperti taman wisata, camping ground, wisata trekking, pemandian air panas dan masih banyak lagi. Setiap akhir pekan kawasan ini selalu ramai oleh pengunjung terutama yang ingin camping baik grup kecil maupun besar.

Aksesnya juga sangat mudah dan tidak macet menuju ke destinasi wisata yang satu ini, dari Kota Bogor bisa di tempuh menggunakan kendaraan roda dua dan mobil pribadi dengan waktu tempuh 30 menit saja.

Tiket masuk ke taman wisata Gunung Pancar juga terbilang sangat murah yaitu Rp5.000/orang untuk hari biasa dan Rp7.500/orang untuk akhir pekan atau libur nasional.

Sedangkan untuk WNA Rp100.000/orang untuk hari biasa dan Rp150.000/orang untuk akhir pekan atau libur nasional. Sedangkan untuk tiket masuk kendaraan adalah Rp5000/motor, Rp10.000/mobil pada hari biasa dan Rp7.500/motor, Rp15.000/mobil pada akhir pekan atau libur nasional.

Untuk pengunjung yang ingin mengadakan camping terlebih dahulu harus membayar biaya perizinan sewa lahan kepada pihak pengelola dengan jumlah nominal yang relatif menyesuaikan jumlah peserta dan berapa meter persegi lahan yang akan di pakai untuk camping.

Jam operasional wisata alam ini sama seperti di tempat lain, dibuka Jam 08.00 pagi hingga Jam 17.00 WIB, terkecuali bagi pengunjung yang ingin mengadakan camping ground. Sedangkan untuk pengunjung yang tidak berkegiatan camping hanya dibatasi sampai Jam 17.00 WIB.

open trip paket wisata pulau harapan
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
paket wisata pulau kelapa dan dolphin islnd
pesona underwater pulau-pulau di Jakarta
Nama

arung jeram,3,bogor,7,camping,1,fun offroad,6,outbound,3,rafting bogor,2,rafting sukabumi,1,trekking,2,
ltr
item
Explore Puncak Bogor: Wisata Hambalang Sentul Bogor, Jadi Pilihan Liburan Favorit Bagi Warga Jakarta dan Sekitarnya di Akhir Pekan
Wisata Hambalang Sentul Bogor, Jadi Pilihan Liburan Favorit Bagi Warga Jakarta dan Sekitarnya di Akhir Pekan
Wisata Hambalang Sentul, Bogor jadi wisata favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya karena aksesnya dekat dan tidak macet jika wisata ke Puncak Bogor
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiax_X8JqzPa1hUcYzxKa0qyq_F8VCy87UqmQS_JT73VKSzpczBxJCeSbF2bivWQvG1Hxtw5ErgmPU4uxD4hXhG9_VqT26TH9buIsyqbF7pdjccAyMjCQ7pHGe9aYlX9xmJFMOrnyszXppj5uWCQ435E8WbgVLPGx6IK6cPviof5RehVq9KD8sf0S1sPh4/s1600/wisata-hambalang-sentul-bogor.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiax_X8JqzPa1hUcYzxKa0qyq_F8VCy87UqmQS_JT73VKSzpczBxJCeSbF2bivWQvG1Hxtw5ErgmPU4uxD4hXhG9_VqT26TH9buIsyqbF7pdjccAyMjCQ7pHGe9aYlX9xmJFMOrnyszXppj5uWCQ435E8WbgVLPGx6IK6cPviof5RehVq9KD8sf0S1sPh4/s72-c/wisata-hambalang-sentul-bogor.png
Explore Puncak Bogor
https://www.puncakbogor.com/2023/09/wisata-hambalang-sentul-bogor.html
https://www.puncakbogor.com/
https://www.puncakbogor.com/
https://www.puncakbogor.com/2023/09/wisata-hambalang-sentul-bogor.html
true
4297710358099518340
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share. STEP 2: Click the link you shared to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy